Senin, 31 Oktober 2011

About PENDADARAN!

http://www.smileycodes.info

Halo, teman!
How's you're day?  Semoga harinya asik ya ^^
Sekedar laporan cuaca aja, Jogja hari ini adem dan mendung. Thanks GOD, hari ini nggak segerah hari-hari kemaren :D :D :D

Well, post saya kali ini mau ngangkat tema tentang UJIAN PENDADARAN.
Buat temen-temen yang sudah (atau baru aja kelar PENDADARAN), selamat yaaa~
http://www.smileycodes.info


Buat temen2 yang belum maupun yang akan, SEMANGAT!!!!!

Saya tahu rasanya pendadaran itu nggak karuan. Ibarat jatuh cinta, berjuta rasanya! Deg2an iya, seneng banget iya, takut iya, harap-harap cemas juga iya. Khawatir? Jelas. Lega? Iya dong. Terus gimana mempersiapkan pendadaran biar ngejalaninnya tetap asyik dan bisa melaluinya dengan (cukup) baik?



Semoga tips berikut ini bisa cukup berguna ya teman :)

1. Berdoa, teman. Nggak ada yang lebih ampuh dari berdoa ^^

2. Siapkan supporter. Kabari teman2, siapkan tim yang siap menemani dan nyemangatin kamu :)

3. Bereskan semua administrasi minimal dua hari sebelum hari H. Biar sebelum hari H kita udah nggak grasak grusuk lagi :)

4. Pelajari apa yang sudah kamu tulis (TA a.k.a SKRIPSI ente...), ini rule paling basic! Gimana mau jawab pertanyaan dosen penguji kalo kamu sendiri nggak ngerti apa isi karya tulis kamu? Tapi...sebenarnya sih kalau emang bener itu hasil asli karyamu sendiri, nggak akan ada masalah yang besar. Kan situ yang nulis, pasti udah ngerti dong? Hehehe...

Untuk mempersiapkan bahan ujianmu, ada hal2 yang perlu diperhatiin nih biar pas ujian nggak kagok pas ditanya : 
a. Pelajari lagi metode pengumpulan data dan metode penelitian kamu. Ini yang paling sering ditanya.
b. Jangan lupa, siapkan alasan yang logis untuk ngejawab pertanyaan 'kenapa kamu tertarik mengangkat tema X untuk skripsi atau TA kamu?' itu. Nggak lucu kalo jawabannya cuma 'karena saya suka ini itu', dosen pasti bakal mencecar kamu lagi.
c. Pelajari landasan teori yang kamu pake. Catat ringkas nama2 dan sumber penulisan landasan teorimu.
d. Baca lagi baik-baik bab pembahasan. Coba bikin simulasi tanya jawab sama temen yang udah pernah pendadaran (apalagi kalo dosen pengujinya sama). Ini bagian yang paling bisa 'melumpuhkan' kalau kamu nggak bisa jawab atau salah jawab. Be diplomatic! Jangan sekali-kali keluarkan kata "SAYA TIDAK TAHU..." It's a big NO NO. 

5. Jaga kesehatan! Sebelum hari H, makan yang bergizi, berusaha rileks dengan melakukan hobi kamu. Bisa dengan main games, nonton film, baca buku dsb (sebaiknya aktivitas di rumah aja yaaa, nggak perlu keluyuran). Tapi sewajarnya aja, kan besoknya UJIAN :)

6. Tidur cukup. Sekali lagi, jangan lupa berdoa :)

7. Hadir di kampus, minimal sejam sebelum waktunya. Selain bikin semua kerjaan nggak terburu-buru yang bisa memicu adanya sesuatu yang ketinggalan atau kepanikan, juga biar kita bisa siapin semuanya di ruang ujian, kayak snack, laptop, layar proyektor dsb.

Simpel aja kan, hehe...Ini cuma sekedar tips praktis kok teman, berdasarkan pengalaman prbadi dan temen2 yang udah ngalamin.
Semangat pokoknya, pasti kamu BISA! http://www.smileycodes.info
Santai aja pokoknya, yang penting udah paham materi. God be with you, friends :)
Sukses!
http://www.smileycodes.info

with love,


Raisa A.