Selasa, 12 April 2011

Gali Sumber Inspirasi Menulismu!






Saya akui, nyari inspirasi buat nulis sesuatu (baca: FIKSI) itu kadang susahnya minta ampun!
Tapi kadang kita nggak sadar, sebenarnya inspirasi-insipirasi itu tersebar di sekeliling kita. Kita hanya harus lebih jeli untuk melihatnya :)


Well, semoga tulisan saya yang berikut ini bisa sedikit membantu perjalanan teman-teman menemukan inspirasi itu!

1. Pengalaman Pribadi.
Yap, sumber inspirasi terdekat dan paling kita kenali adalah hidup kita sendiri! Kisah hidup kita adalah model 'gratis' yang selalu sedia setiap saat jika dibutuhkan. Jadi coba deh, tuliskan salah satu pengalaman hidupmu, yang kamu anggap paling menarik, terus kalo udah selesai, ganti sedikit setting atau tokoh-tokohnya. Sedikit melebih-lebihkan juga nggak salah, namanya juga fiksi :P

2. Harapan.
Tuliskan apa saja yang kamu inginkan! Ingin jadi apa, bekerja dimana dan jadi apa, tinggal dimana, punya pacar siapa, punya teman-teman yang bagaimana, hidupmu bagaimana...well, kamu bisa membayangkan hidup bagaimana yang kamu kamu dan tuangkan semua dalam tulisan.

3. Mimpi.
Beberapa karya fiksi hebat dan terkenal ditulis berdasarkan mimpi penulisnya. Jadi, jangan abaikan mimpimu begitu saja! Bisa jadi mimpimu itu adalah sesuatu yang sangat hebat jika ditulis! Caranya? Sediakan selalu notes di samping tempat tidur. Dengan begitu kamu bisa langsung nulis mimpimu itu sebelum keburu lupa :P
Kembangkan mimpimu itu dengan imajinasimu saat menulis. 

4. Orang lain.
Tuliskan cerita menarik  dari orang lain (sahabat, saudara, ayah, ibu, tetangga, siapa saja) yang pernah kamu dengar. Ubah sedemikian rupa sesuai kreasimu, ganti tokoh, setting dan alurnya sesuka hatimu sehingga ceritanya menjadi orisinal buatanmu  sendiri. Buat berbeda dari versi aslinya, it's all up to you!

5. Sekuel atau prekuel!
Punya cerita favorit? Buatlah cerita tentang kejadian sebelum cerita tersebut dikisahkan atau buat cerita tentang kejadian sesudah cerita tersebut tamat. Buat sesuai yang kamu inginkan dan gunakan imajinasimu!
Barangkali kamu bisa buat cerita tentang apa yang terjadi dalam kehidupan Cinderella setelah menikah dengan pangeran?

6. Sudut Pandang Berbeda
Pernah mencoba berperan sebagai binatang atau benda mati? Well, sekaranglah saatnya mencoba menjadi sesuatu yang berbeda! Kamu bisa mencoba bercerita dari sudut pandang laptopmu yang selalu kamu pakai, atau mencoba menjadi burung gereja kecil yang selalu bertengger di jendela rumah. Semua terserah padamu! :)



Well, sementara itu dulu ya!
Selamat menulis!~