Minggu, 17 April 2011

Tentang EKSIM. Penyakit yang sangat MENYEBALKAN.

 Lagi pengen share salah satu thread saya dari kaskus nih, silahkan di-cek! :D

Ada yang pernah merasa beberapa daerah kulitnya seringkali muncul bercak-bercak kemerahan yang gatal (dan kadang-kadang panas) terus lama-lama menebal, bersisik dan suka ngelupas2 gitu? kalo digaruk tambah parah dan kalo kering warnanya agak kehitaman?


bisa jadi anda terkena eksim, seperti saya...

berdasarkan blog2 yang saya baca, gejalanya ya kurang lebih :
* Rasa panas yang berlebihan pada bagian kulit yang terkena eksim.
* Akan tampak lepuhan-lepuhan kecil dan kulit bersisik yang keras pada permukaan kulit yang akan disertai dengan pembengkakan.
* Eksim akan sangat cepat sekali penularannya kepada kulit yang lain.
* Eksim dapat dibedakan menjadi 2 yaitu eksim kering dan eksim basah. Eksim kering akan tampak pada kulitnya kering, bersisik, kemerah-merahan, kadang-kadang bengkak, dan terasa gatal. Sedangkan pada eksim basah kulitnya akan tampak merah, bengkak, melepuh, dan basah, timbul bintil-bintil yang mengandung air atau nanah yang menimbulkan rasa gatal.

Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik. Gejala eksim akan mulai muncul pada masa anak anak terutama saat mereka berumur diatas 2 tahun. Pada beberapa kasus, eksim akan menghilang dengan bertambahnya usia, namun tidak sedikit pula yang akan menderita seumur hidupnya. Dengan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat dikendalikan dengan baik sehingga mengurangi angka kekambuhan.

Eksim seringkali muncul di daerah lipatan seperti lipatan paha, belakang lutut, leher, lipatan lengan, ketiak ataupun di daerah-daerah lain yang lembab.

Daerah yang terkena akan terasa sangat kering, menebal atau keropeng. Pada orang kulit putih, daerah ini pada mulanya akan berwarna merah muda lalu berubah menjadi cokelat. Sementara itu pada orang dengan kulit lebih gelap, eksim akan mempengaruhi pigmen kulit sehingga daerah eksim akan tampak lebih terang atau lebih gelap.

Apa Yang Menjadi Penyebab Eksim?

Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Oleh karena itu, eksim banyak ditemukan pada keluarga dengan riwayat penyakit alergi atau asma.

Tiap tiap orang mempunyai pencetus eksim yang berbeda beda. Ada orang yang setelah memegang sabun atau deterjen akan merasakan gatal yang luar biasa, ada pula yang disebabkan oleh bahan atau alat rumah tangga yang lain. Gejala yang timbul pun bervariasi, ada yang gatalnya ringan tetapi rasa panas yang dominan, ada pula yang sebaliknya. Infeksi saluran nafas bagian atas atau flu juga bisa menjadi pencetus timbulnya eksim. Stress yang dialami penderita akan membuat gejala menjadi lebih buruk.

Meskipun penyembuhan eksim sangat sulit dilakukan, namun pada banyak kasus, pasien dapat mengurangi terjadinya kekambuhan dengan melakukan pengobatan yang tepat dan menghindari iritan/alergen yang menyebabkan eksim. Perlu diingat, penyakit ini tidak menular dan tidak akan menyebar dari satu orang ke orang yang lain.

Bagaimana Cara Pencegahannya?

Munculnya eksim dapat dihindari dengan melakukan beberapa tips dibawah ini :
Jaga kelembaban kulit.

Hindari perubahan suhu dan kelembaban yang mendadak.


Hindari berkeringat terlalu banyak atau kepanasan.

KURANGI STRESS!

Hindari pakaian yang menggunakan bahan yang menggaruk seperti wool dan lain lain.

Hindari sabun dengan bahan yang terlalu keras, deterjen dan larutan lainnya.

Hindari faktor lingkungan lain yang dapat mencetuskan alergi seperti serbuk bunga, debu, bulu binatang dan lain lain.

Hati hati dalam memilih makanan yang bisa menyebabkan alergi.

adapun pengobatannya antara lain :

1. pengobatan medis : Tujuan utama dari pengobatan adalah menghilangkan rasa gatal untuk mencegah terjadinya infeksi. Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Salep atau krim yang mengandung kortikosteroid seperti hydrokortison diberikan untuk mengurangi proses inflamasi atau keradangan. Untuk kasus kasus yang berat, dokter akan memberikan tablet kortikosteroid dan apabila pada daerah eksim telah terinfeksi maka bisa diberikan antibiotika untuk membunuh bakteri penyebab infeksi. Obat lain yang dibutuhkan adalah antihistamin untuk mengurangi rasa gatal yang terlalu berat, dan cyclosporin untuk penderita yang tidak berespon terhadap semua jenis pengobatan yang diberikan.

2. Pengobatan tradisional/ alami :
Sambiloto (Andrographis paniculata Nees.) Efek : sebagai antiradang, menghilangkan bengkak, mengurangi rasa sakit, penawar racun, dan lain-lain.

Ketepeng Cina (Cassia alata L.) Efek : menghilangkan gatal-gatal, insecticidal, sebagai obat kulit yang disebabkan oleh parasit kulit, dan lain-lain.

Temu Lawak (Curcuma xanthorrhiza) Efek : sebagai antiradang, antibakteri, meredakan rasa sakit (analgetik), dan lain-lain.

Kunyit (Curcuma longa L.) Efek : sebagai antiradang , antibakteri, melancarkan sirkulasi darah, dan lain-lain. Berikut ini contoh beberapa resep untuk pengobatan ekzim :

Resep 1. (pemakaian dalam) 30 gram temu lawak (dipotong-potong) + 10 gram sambiloto kering + gula aren secukupnya, dicuci bersih lalu direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring, airnya diminum.

Resep 2. (pemakaian luar) Daun ketepeng cina secukupnya dicuci bersih dan dihaluskan, tambahkan 1 sendok teh air kapur sirih dan 1 sendok makan minyak kelapa, dipanaskan sebentar, setelah hangat dioleskan pada bagian yang terkena eksim.

Resep 3 . (pemakaian luar) Kunyit yang tua secukupnya dicuci bersih dan diparut, tambahkan 1 sendok air kapur sirih dan perasan 1 buah air jeruk nipis, diaduk sampai merata, lalu adonan tadi dioleskan pada bagian kulit yang terkena eksim.

Resep 4 . (pemakaian luar) Sambiloto segar dicuci dan dihaluskan, tambahkan sedikit serbuk belerang, diaduk rata, lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terkena eksim.



Resep 5. 200 CC jus wortel diminum pagi hari sebelum makan. Diminum secara teratur 1-2 kali sehari. (sepertinya yang satu ini paling gampang dicoba...)

yang paling penting jangan DIGARUK!
Soalnya bisa tambah parah....

FYI, ane dah beberapa kali ke dokter gan. obat yang dikasih dan udah saya coba macem2, diantaranya Inerson, betametason, hydrocortisone dan biolastin cream+dermovel cream (racikan)

tapi yang paling cepet sembuh pas dikasih inerson, cuma denger2 katanya kalo dipakai terus-terusan bisa merusak jaringan kulit...

penyakit ini cukup mengganggu soalnya kambuh-kambuhan
sebagai tambahan info, kata dokter kulit, terakhir kemaren saya konsul, kalo muncul di paru2 bisa memicu perasaan kayak sesak napas. Ane pernah gini gan, asli nggak enak banget T.T


kalo ada yang mau sharing, menambahkan atau mengoreksi monggo silahkan...
terima kasih





sumber : thread saya di kaskus http://www.kaskus.us/showthread.php?p=305177828#post305177828