Selasa, 01 Maret 2011

Fakta-fakta Unik dan Menarik Tentang Orang-Orang Korea :)

Kebudayaan dan adat istiadat dalam kehidupan orang-orang Korea sangat terpengaruh oleh ajaran Konfusianisme dan kepercayaan-kepercayaan tradisional (meski mereka udah semodern sekarang!). Well, berikut ini saya bagikan sedikit fakta-fakta menarik tentang kebiasaan orang Korea (beberapa merupakan pengalaman pribadi :P)



#1 : Orang Korea tidak suka jika namanya ditulis dengan tinta merah! 
Yap, hampir sama seperti di Indonesia yang tidak sopan kalau menggunakan tinta merah untuk menulis, orang Korea juga tidak suka, khususnya jika namanya yang ditulis dengan tinta merah karena itu menandakan si penulis tinta merah berharap orang Korea tersebut cepat mati! Waduh!

#2 : Orang tua sangat (baca: amat sangat) dihormati. 
Bagi orang Korea, orang tua harus selalu dihormati dan disegani. Orang Korea (yang tau tata krama) pasti akan selalu memberikan tempat duduknya di bus atau kereta buat orang yang lebih tua, menyapa lebih dulu saat bertemu, menyilakan orang tua makan lebih dulu (haram hukumnya makan lebih dulu dari orang tua), merokok di depan orang tua (beda ya kayak di Indonesia), berbicara dengan bahasa yang sopan di hadapan orang tua dan sebagainya. Hanya aja, kalau di Indonesia jarang kan ada orang tua yang ngajak minum-minum anaknya? Di Korea, hal tersebut sangat lumrah. Tapi ingat! Posisi gelas saat toast atau mendentingkan gelas harus selalu lebih rendah dari orang yang lebih tua!
Begitu juga terhadapap para senior, baik di kantor maupun di sekolah, senior masih tetap sangat disegani.

#3 : Guru adalah segalanya. 
Dalam hal ini, perlakuannya nyaris sama seperti orang yang lebih tua memperlakukan orang yang lebih tua. Para guru sangatlah disegani di Korea.

#4 : Para atasan juga sangat disegani dan bahkan terkadang tidak bisa dibantah!

#5 : Dilarang mengajak berjabat tangan terlebih dulu apalagi sama orang yang lebih tua. 
Berbeda dengan di Indonesia, orang Korea lebih nyaman jika menyapa dengan sedikit membungkukkan badannya saja (tapi tidak sedalam bungkukan orang Jepang). Jikalau berjabat tangan, biarkan mereka yang lebih dulu mengulurkan tangannya.




#6 : Sebagian besar cewek-cewek di Korea tergila-gila dengan mata yang besar! 
Percaya atau tidak, mereka suka iri sama mata orang-orang non-Korea yang besar! Cewek-cewek disana  (menurut saya ekstrim...) bahkan rela mengoperasi matanya demi mendapatkan mata idaman mereka yaitu BESAR! Operasi pembesaran kelopak mata disana udah jadi hal yang lumrah dilakukan...
Hal itu terkait dengan konsep cantik mereka di jaman sekarang yaitu bermata besar, bermuka kecil dan berbadan kurus. Hmm...

#7 : Di Korea, rok mini atau short-pant bukan hal yang tabu atau porno...

Cewek-cewek Korea bisa mengenakan rok mini kapan saja, musim dingin sekalipun (bahkan saat ke kampus!) tanpa takut harus dipandang aneh oleh orang lain. Beda kayak di Indonesia yang cowok-cowoknya suka iseng kalo liat cewek pake rok rada mini....bikin risih....



#8 : Selalu perlakukan dengan baik setiap pemberian orang Korea kepada kita.
Mereka bisa melihat seberapa besar respek kita terhadap mereka dari cara kita menerima dan merawat pemberian mereka. Bahkan dari cara kita menyimpan kartu nama dari orang Korea aja bisa jadi indikasi seberapa besar respek kita terhadapa mereka...

#9 : SELALU menerima pemberian dari orang Korea dengan kedua tangan!
Itu tanda kita menghargai pemberian mereka dengan baik.

#10 : Saat berkunjung ke rumah orang Korea ingat selalu untuk membawa sesuatu (makanan kecil atau bunga, sekalipun dia bilang tidak perlu, demi kesopanan) dan melepaskan alas kaki sebelum masuk ke dalam rumah. 

#11 : Orang Korea pada umumnya masih percaya tahayul bahwa nomor 4 adalah nomor kematian. 



#12 : Cowok-cowok Korea tidak merasa risih untuk memakai warna-warna cerah, bahkan ungu atau PINK!
 (Kalo di Indonesia langsung deh dituduh maho...)












#13 : Orang Korea sangat bangga pada bangsa mereka dan sangat SUKA memakai produk dalam negeri (dimanapun mereka berada). 
Bahkan ketika mereka di Indonesia, mereka akan tetap membeli produk-produk dari negara mereka dan jika memungkinkan, belanja di supermarket mereka juga. Ckckck...nasionalismenya sangat tinggi! Mereka bahkan juga bangga sama produk perfilman dari negara mereka. Ya iyalah...bagus-bagus sih...(Kapan ya drama atau film di Indonesia bisa nyaingin mereka T.T)










#13 : Kebanyakan cowok-cowok Korea (yang terpelajar) masih sangat menghargai para cewek dan (mereka juga nggak pernah ngomentarin cewek yang sedang dandan di depan mereka...)
Kalo di Indonesia? Hmm....masih sangat jarang...


Well, itu dulu deh ya. Maaf kalo masih banyak yang kurang. Next time aku perbaharui lagi. Kalau ada masukan atau kritik, pasti saya terima dengan senang hati! :)

감사합니다~~

2 komentar:

  1. wahh gan fakta2nya unik sekali , thanks infonya ..

    BalasHapus
  2. terimakasih informasinya gan,,

    BalasHapus

Leave your comment and feedback here, buddies!